Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern

Posted by : Administrator

KEGIATAN OUTBOUND RA SALAFIYAH SYAFI'IYAH

KEGIATAN OUTBOND RA SALAFIYAH SYAFI’IYAH

 

 

Anak usia dini adalah individu yang sedang menjalani proses perkembangan otak dengan sangat cepat, anak usia dini juga memiliki potensi mengingat suatu hal dengan sangat cepat, oleh karena itu anak usia dini sangat membutuhkan pendidikan yang memprioritaskan keunggulan pada setiap anak, bukan hanya sekedar akademis yang diberikan tetapi kita harus mengutamakan pada perkembangan dan juga pertumbuhan fisik, emosi-sosial, intelektual, dan juga kecerdasan polo pikir yang mereka lakukan. Karena pembelajaran tidak hanya bisa dilakukan duduk di kelas saja tetapi kegiatan kegiatan belajar dapat dilakukan dimana saja dan dengan suasana yang berbeda-beda, kegiatan belajar juga tidak harus membaca buku tetapi belajar juga bisa kita peroleh dalam suatu kesenangan tertentu seperti bermain, mencoba hal baru, dll.

 Oleh karena itu kami dari lembaga RA Salafiyah Syafi’iyah mengadakan metode pembelajaran alternatif yang dapat diterapkan pada anak usia dini yang berusia 5-6 tahun dengan mengadakan pembelajaran luar ruang {outbound education]. Outbond Education adalah salah satu pembelajaran atau program yang dilakukan diluar ruangan maupun di alam bebas [outdoor]  dengan berbagai macam kegiatan yang tersaji dalam permainan [games] yang kreatif, simulasi, dan diskusi sebagai media untuk menyampaikan materi. Outbound memiliki manfaat bagi anak usia dini yaitu untuk meningkatkan keberanian dalam berpendapat, melatih kemandirian dan kepemimpinan atau leadership dalam suatu kelompok, meningkatkan sportifitas yang dapat diterapkan dalam kegiatan kerja sehari- hari, meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif,

Seluruh anak RA Salafiyah Syafi’iyah ikut serta dalam pemebelajaran outbound education yang  berada di sekitar daerah Mojokerto, yakni bertepatan di Desa Dlanggu. Desa Dlanggu adalah desa wisata yang memiliki berbagai sarana edukasi bagi anak-anak sehingga menjadikan desa tersebut menjadi tujuan pertama dalam kegiatan rekreasi.

Kegiatan outbund dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2021. Setiap murid RA. SALAFIYAH SYAFI’IYAH didampingi dengan orang tua masing-masing. Wisata yang dikunjungi di Desa Dlanggu adalah Wisata Bumi Mulya ‘’Arca Agung Maha Patih Gajah Mada’’. Wisata Bumi Mulya menyajikan obyek wisata seperti flaying fox, sawah untuk menanam padi dan kolam yang berisi ikan lele. Anak-anak menikmati setiap sarana objek dengan didampingi pemandu wisata. Diawali dengan doa bersama sebelum melakukan kegiatan dan dilanjut dengan kegiatan yang penuh dengan kreatifitas dan keceriaan. Kegiatan yang mereka lakukan selama berada di tempat wisata adalah menanam padi, menangkap lele, bermain air, bermain tepung, lempar balon air dan senam bersama serta flaying fox. Anak-anak sangatlah menikmati wisata tersebut, dilihat dari senyuman mereka dan kegembiraan. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah agar dalam diri murid RA. SALAFIYAH SYAFI’IYAH tumbuh potensi yang selama ini tersembunyi, menambah semangat belajar murid karena mereka bisa belajar sambil bermain.